Bupati Humbahas Buka FGD Penyusunan Roadmap SIDa

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE membuka Forum Group Discussion Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Humbang Hasundutan

topmetro.news – Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE membuka Forum Group Discussion Penyusunan Roadmap Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Kabupaten Humbang Hasundutan. Berlangsung, Senin (14/8/203), di Pendopo, Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

FGD ini melibatkan Sekda, Asisten Sekretariat Daerah, seluruh Pimpinan OPD, camat, unit kerja se-Humbang Hasundutan. Juga, pimpinan BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Sumut, PT Telkom, dan PLN Doloksanggul.

Dosmar Banjarnahor SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Pemkab Humbahas berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memacu kreativitas daerah melakukan inovasi.

Isu strategis daerah, seperti kualitas SDM, kualitas infrastruktur dan kesenjangan wilayah, daya saing ekonomi, tata kelola pemerintahan, kualitas hidup dan risiko bencana memerlukan integrasi dan kolaborasi dari inovasi yang ada dan yang akan tercipta.

Inovasi hendaknya menjadi habbit dalam pemecahan masalah daerah. Mengandung unsur pembaharuan, manfaat, kepentingan publik, urusan kewenangan daerah. Serta aplikatif dan dapat direplikasi. Inovasi yang diciptakan harus mampu memperhatikan berbagai aspek dan keberlanjutan inovasi harus terus dipantau dan dievaluasi untuk terus dilakukan penyempurnaan.

Sistem Inovasi Daerah (SIDa) disusun dalam dokumen yang disebut roadmap SIDa sebagai acuan daerah dalam melaksanakan dan mengembangkan inovasi daerah dalam jangka menengah dan diuraikan dalam rincian target setiap tahun anggaran.

“Era digitalisasi seperti saat ini, membawa perubahan disegala sektor dengan tuntutan masyarakat yang semakin beragam, sehingga mengharuskan pemerintah menata ulang cara kerja dan layanan kepada masyarakat agar lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, dan lebih baik berdasarkan data dan dokumen. Merespon hal tersebut kita terus berupaya untuk mengembangkan inovasi daerah dengan memanfaatkan peta Jalan/Roadmap SIDa yang disusun tahun ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Dosmar Banjarnahor SE juga menekankan agar tidak semata-mata untuk mencapai peringkat atau juara dalam Penyusunan Roadmap SIDa. Tetapi berorientasi kepada tiga hal prioritas, yaitu kesejahteraan masyarakat, kesehatan, dan pendidikan.

Sementara dalam laporannya, Kepala Bappeda Pahala Lumbangaol ST MSc MEng menyampaikan bahwa tujuan FGD Penyusunan SIDa ini adalah tersusunnya Roadmap Sistem Informasi Daerah (SIDa) sebagai peta jalan dan acuan pemerintah daerah dalam mengembangkan inovasi daerah dan untuk memetakan ide, cikal bakal, hambatan dan tantangan inovasi perangkat daerah, kecamatan, unit kerja di lingkungan Pemkab Humbahas.

Adapun pembicara dan narasumber pada kegiatan ini adalah Agus Suriadi SSos MSi dari Universitas Sumatera Utara.

reporter | S Marihot Pakpahan

Related posts

Leave a Comment